Senin, 17 Maret 2014

Tips Mengerjakan dan Lulus Tes TOEFL


1. Listening
Terbagi menjadi 3 part yaitu part A,B dan C. Pada test part A adalah mendengarkan short conversation, yang kemudian setelah percakan berakhir akan ada pertanyaan. Kunci dari part A ini adalah kita harus benar-benar berkonsentrasi dalam mendengarkan percakapan yang ada, terutama adalah kalimat terakhir pada perckapan karna biasanya yang ditanyakan adalah kesimpulan atau maksud dari kalimat kedua.
Listening part B, part B (long conversation) memiliki percakapan yang lebih panjang dari part A, kita harus mengetahui makna atau tema dari percakapan yang kita dengarkan, pada saat narator sedang melakukan percakapan kita dpat memulai untuk membaca jawaban yang tersedia, pilihlah jawaban yang paling seseuai dengan tema perckapan jangan lupa apabila terdapat tanggal, nama orang, atau nama tempat yang ada pada percakapan harus benarbenar diingat bila perlu buat catatan kecil.
Terakhir PART C (Talks) dimana pada part ini narator seolah-olah sedang menyampaikan suatu berita panjang, oleh karena itu kita harus benar-benar mendengarkan secara seksama inti dari berita tersebut, termasuk juga kalimat ini dari beritanya. Ketika mendengar pertanyaan pilihlah jawaban yang paling memungkinkan pada test book yang ada.
2. Structure And Written Expression
Ada dua part pada bagian ini yaitu part A untuk Structure dan Part B untuk Written Expression. Strategi untuk part A dan B intinya kita harus mengetahui grammar dengan baik.
Pertama, pada part A baca dengan seksama soal yang ada kemudian cocokkan jawaban yang ada dengan soal. Lakukan pencocokan sampai mendaptkan jawaban yang benar. Tetapi sebelum melakukan hal tersebut alangkah baiknya jika kita mengetahui formula dari kalimat yang ada. Jika kita tidak tau juga jawaban yang benar silahkan eliminasi jawaban yang menurut anda paling tidak benar.
Kedua part B, pada part ini akan ada kalimat yang 4 kata dalam kalimat tersebut akan digaris bawahi, kita akan diminta untuk mengganti kata yang salah. Langkah yang dapat dilakukan dalam mengerjakannya adalah, pertama baca kalimta tersebut dengan seksama. Jika kita tidak dapat mengetahui artinya satu persatu kita harus mengetahui formula atau susunan dari kalimat tersebut yang benar. Jangan biarkan kita mengosongkan 1 jawaban pun baik pada part A atau part B, karena pada test ini tidak ada pengurangan dalam penilaiannya

3. Reading comprehension
Dalam part ini kita harus memiliki lebih banyak perbendaharaan kata, apabila vocabulary yang kita miliki terbatas setidaknya kita harus mengetahui inti dari bacaan yang ada. Selain itu kita harus pula mengetahui pula conclusion dari bacaan yang ada.
Tema bacaan yang diujikan dalam bagian ini cukup bervariasi, namun secara umum berkaitan dengan materi perkuliahan yang diajarkan oleh universitas-universitas di Amerika Serikat. Misalnya, sejarah, sastra, seni, arsitektur, geologi, biologi, kesehatan, astronomi, geografi, dan seterusnya. Adapun pertanyaan pada section 3 bisa dikategorikan ke dalam dua bentuk pertanyaan sebagai berikut:
1.      Reading comprehension
Pada section 3 ini anda akan diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan informasi yang terdapat pada teks bacaan. Mulai dari main idea, bagian bacaan yang lebih rinci, sampai inferasi atau penyimpulan atas informasi yang terdapat pada bacaan.
2.      Vocabulary
Section 3 juga meminta anda untuk menjawab arti dari kata-kata tertentu yang terdapat pada teks bacaan. Namun apabila anda sama sekali tidak tahu arti kata-kata tertentu, anda masih tetap bias mengetahui arti kata-kata tersebut dengan memahami konteks bacaan. Dengan demikian anda bias memperkirakan arti dari kata-kata yang ditanyakan dalam soal.
Permasalahan yang biasa dihadapi oleh peserta tes TOEFL dalam ujian Reading Comprehension adalah batasan waktu yang singkat. Banyak peserta tes yang tidak bias menyelesaikan semua pertanyaan ketika waktu yang disediakan telah habis. Untuk itu
Berbagai kemampuan yang dibutuhkan dalam reading harus anda kuasai sebelum benar-benar menjalankan ujian TOEFL. Sekalipun demikian, Anda masih berpeluang untuk mendapatkan skor TOEFL yang lebih tinggi apabila menguasai trik-trik taktis. Berikut disajikan beberapa kunci yang bisa membantu anda berkompetisi dengan waktu yang ketat sekaligus untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar