Kamis, 30 Oktober 2014

Bre-X Minerals









 
Bre-X Minerals Ltd., anggota Kelompok perusahaan Bre-X, adalah sebuah perusahaan tambang Kanada yang pernah dilaporkan menguasai sebuah cadangan emas yang sangat besar di Busang, Kalimantan. Bre-X membeli situs Busang pada Maret 1993 dan pada Oktober 1995 mengumumkan telah menemukan emas dalam jumlah yang sangat besar, sehingga menyebabkan harga sahamnya membubung tinggi. Pada mulanya sahamnya bernilai sangat kecil, namun setelah pengumuman itu, harga sahamnya mencapai nilai tertinggi pada $286.50 (dolar Kanada) di Toronto Stock Exchange (TSX), dengan kapitalisasi total senilai lebih dari $6 miliar dolar Kanada.
Cadangan emas di Busang dilaporkan sebesar 200 juta ounces (6.200 ton), atau sama dengan 8% dari seluruh cadangan dunia. Namun, ternyata ini adalah penipuan besar-besaran, dan di sana tidak ada emas. Sampel-sampel utamanya telah dipalsukan dengan menaburkannya dengan emas dari luar. Sebuah laboratorium independen belakangan mengklaim bahwa penipuan itu telah dilakukan dengan buruk, termasuk dengan menggunakan pengerokan dari perhiasan emas. Pada 1997, Bre-X runtuh dan sahamnya menjadi tidak bernilai dalam skandal saham terbesar dalam sejarah Kanada.

Bre-X akhirnya dinyatakan bangkrut pada 2002 meskipun sejumlah perusahaan subsidernya seperti Bro-X berlanjut hingga 2003.
Felderhof tetap tinggal di Kepulauan Cayman, yang tidak mempunyai perjanjian ekstradisi dengan Kanada, meskipun sejumlah laporan mengatakan dia berada di negara-negara lain. Pada 2000 dan 2001, Komisi Keamanan Ontario menuduhnya melakukan insider trading. Pengadilan dilangsungkan tanpa kehadirannya, tetapi diskors pada April 2001 ketika Komisi berusaha menyingkirkan hakim kepalanya, Peter Hryn dengan alasan ia bias terhadap tuntutannya. Hal ini disangkal, dan pada 10 Desember 2003 bandingnya juga ditolak.
Proses peradilannya dilanjutkan pada 6 Desember 2004 dan diharapkan akan berlanjut hingga setidak-tidaknya April 2005.
Kasus ini berlanjut terus dan pada 21 Agustus 2006 pendapat penasihat hukum untuk Komisi Keamanan Ontario dan John Bernard Felderhof akan didengar di gedung pengadilan di Balai Kota Lama (Toronto).
PENIPUAN
Penipuan mulai terurai dengan cepat pada tanggal 19 Maret 1997 ketika Filipina Bre-X ahli geologi Michael de Guzman meninggal dengan jatuh dari helikopter di Indonesia. Tubuhnya ditemukan empat hari kemudian di hutan, sebagian besar dimakan oleh hewan dan diidentifikasi dari gigi molar dan sidik jari . [1] Seminggu kemudian, pada tanggal 26 Maret 1997 perusahaan Amerika Freeport-McMoRan , mitra calon dalam mengembangkan Busang, mengumumkan bahwa sampel sendiri karena-due inti, yang dipimpin oleh ahli geologi Australia Colin Jones, menunjukkan "jumlah signifikan emas". Sebuah hiruk pikuk sell-off saham terjadi dan Soeharto ditunda menandatangani kesepakatan pertambangan. Bre-X menuntut lebih banyak ulasan dan menugaskan review dari pengeboran uji. Hasilnya tidak menguntungkan bagi mereka, dan pada tanggal 1 April 1997, Bre-X menolak berkomentar. David Walsh menyalahkan seluruh urusan di web "penulis hantu" yang telah menyebarkan desas-desus di Internet dan merusak reputasi perusahaan. Analis emas Kanada Egizio Bianchini dianggap rumor "tidak masuk akal". Sebuah pihak ketiga perusahaan independen, Strathcona Mineral , dibawa untuk membuat analisis sendiri. Mereka mempublikasikan hasil mereka pada tanggal 4 Mei 1997: sampel bijih Busang telah asin dengan debu emas . Tes lab menunjukkan bahwa emas dalam satu lubang telah mencukur perhiasan emas meskipun belum pernah terbukti pada tahap apa emas ini telah ditambahkan ke sampel-sampel tersebut. Emas ini juga terjadi dalam jumlah yang tidak mendukung tes asli yang sebenarnya. Perdagangan di Bre-X segera dihentikan di TSE dan Nasdaq , dan perusahaan mengajukan kebangkrutan perlindungan.
Pada bulan Mei, Bre-X menghadapi sejumlah tuntutan hukum dan investor yang marah telah kehilangan miliaran. Di antara pecundang utama tiga Canadian organisasi sektor publik: The Ontario Municipal Karyawan Dewan Pensiun (kerugian sebesar $ 45 juta), dana Quebec Sektor Publik Pension ($ 70 juta), dan Dana Pensiun Ontario Teachers ($ 100 juta). Ada kejatuhan di sektor keuangan Kanada juga; penipuan terbukti memalukan bagi Peter Munk , kepala Barrick Gold, serta untuk kemudian kepala Bursa Efek Toronto (yang mengakibatkan turunnya nya pada tahun 1999), dan mulai penataan kembali kisruh bursa efek Kanada yang efeknya masih.
Walsh pindah ke Bahama pada tahun 1998, masih mengaku tidak bersalah. Dua orang bersenjata bertopeng masuk ke rumahnya di Nassau, mengikat dia, dan mengancam akan menembaknya jika dia menyerahkan semua uangnya. Insiden ini berakhir dengan damai namun tiga minggu kemudian, pada tanggal 4 Juni 1998, Walsh meninggal karena aneurisma otak.
Pada tahun 1999 Royal Canadian Mounted Police (RCMP) mengumumkan itu berakhir penyelidikan tanpa meletakkan tuntutan pidana terhadap siapa pun. Kritikus menuduh bahwa RCMP adalah kekurangan dana dan kekurangan untuk menangani kompleks kasus penipuan kriminal, dan juga menuduh bahwa undang-undang Kanada di daerah ini tidak memadai. Namun, meskipun menjatuhkan tuntutan pidana, perdata class action gugatan terhadap direksi Bre-X, menasihati perusahaan keuangan dan Kilborn melanjutkan.
Bre-X akhirnya pergi bangkrut pada tahun 2002 meskipun beberapa anak perusahaan seperti Bro-X terus berlanjut sampai 2003.
Pada bulan Mei 1999, Komisi Sekuritas Ontario dibebankan Felderhof dengan insider trading . Tidak ada anggota lain dari dewan Bre-X direksi, atau orang lain yang terkait dengan proyek Busang, didakwa oleh OSC. OSC mengakui bahwa tidak ada bukti bahwa Felderhof adalah baik terlibat dalam penipuan atau menyadari penipuan. Sidang ini ditunda pada bulan April 2001 ketika OSC mencoba untuk memiliki ketua majelis hakim Justice Peter Hryn dihapus karena dugaan bias terhadap penuntutan. Hal ini ditolak oleh hakim independen, dan pada 10 Desember 2003 banding juga ditolak oleh majelis hakim.
Sidang dilanjutkan pada tahun 2005. Felderhof menghadiri sejumlah sidang Pengadilan - tetapi tidak bersaksi - sebagai kasus enam tahun membuat jalan melalui sistem. Dasar dari tindakan OSC serta gugatan perdata class action adalah dugaan adanya banyak dan jelas "bendera merah", seperti yang dijelaskan oleh Strathcona Mineral, yang seharusnya diakui.
The Bre-X penipuan pertambangan yakin Kanada untuk mengatur geologi profesional di Kanada. [3] The National Instrumen 43-101 diciptakan di bangun dari penipuan ini untuk melindungi investor dari berdasar pengungkapan proyek mineral.
Penjelasan tentang penyelidikan penipuan pertambangan Bre-X rinci oleh John McBeth di sebuah bab berjudul 'The Tambang yang Bukankah' dalam bukunya yang berjudul Reporter. Empat puluh Tahun Meliputi Asia.

SUMBER
·  The Bre-X Penipuan oleh Douglas Goold dan Andrew Willis, McClelland dan Stewart (1997)
·  Bodoh Gold: Pembuatan Pasar Penipuan global oleh Brian Hutchinson (. Pub oleh Alfred A. Knopf, 1998)
·  Bre-X: Emas Hari ini, Gone Tomorrow oleh James Whyte dan Vivian Danielson
·  Emas Indonesia oleh Kerry B. Collison - rekening fiksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar