Minggu, 06 Oktober 2013

BlackBerry


Peluncuran BlackBerry dan pertumbuhan perusahaan
Pada tahun 1999, RIM memperkenalkan pager BlackBerry 850. Dengan nama yang merujuk pada kemiripan papan ketiknya dengan buah beri hitam, alat ini mampu menerima surel masuk dari server Microsoft Exchange dengan perangkat lunak servernya, BlackBerry Enterprise Server (BES). Peluncuran BlackBerry menjadi awal dari jajaran produk korporat masa depan perusahaan ini, seperti BlackBerry 957 pada April 2000, telepon pintarBlackBerry pertama. Platform BlackBerry OS dan BES terus ditingkatkan fungsionalitasnya, sementara enkripsi dan S/MIME membantu popularitas BlackBerry di kalangan pemerintahan dan korporasi.
Tak lama kemudian, RIM memperkenalkan perangkat BlackBerry untuk konsumen dengan meluncurkan BlackBerry Pearl 8100, telepon BlackBerry pertama yang dilengkapi fitur multimedia seperti kamera. Peluncuran jajaran produk Pearl sangat sukses, tetapi peluncuran iPhone oleh Apple Inc.mendorong RIM membuat telepon pintar layar sentuhnya sendiri pada tahun 2008, BlackBerry Storm. BlackBerry Storm gagal di pasar konsumen, namun produk BalckBerry terus menuai sukses di pasar korporat Pada Mei 2010, BlackBerry memiliki pangsa sistem operasi telepon pintarsebesar 10,4%.
Bulan Oktober 2008, RIM masuk dalam daftar "Canada's Top 100 Employers" oleh Mediacorp Canada Inc. dan majalah berita Maclean's.
RIM memperkenalkan diri ke seluruh dunia dengan membuka fasilitas baru di North Sydney, New South Wales, Australia pada Februari 2009. Kantor baru RIM secara resmi dibuka oleh Thomas A.MacDonald, Konsul Jenderal Kanada, dalam acara peresmian yang dihadiri pejabatpemerintah New South Wales dan North Sydney Council, serta mitra dan pelanggan RIM. Kantor baru ini memiliki fasilitas pelatihan, pusat riset dan pengembangan, pusat pemasaran mitra strategis dan layanan bantuan teknis
Tanggal 18 Agustus 2009, Fortune menyebut RIM sebagai perusahaan yang pertumbuhannya tercepat di dunia dengan kenaikan laba sebesar 84% dalam kurun tiga tahun meski terjadi resesi.
Tanggal 27 September 2010, RIM meluncurkan komputer tablet BlackBerry PlayBook. BlackBerry PlayBook secara resmi diluncurkan ke pasar Amerika Serikat dan Kanada pada 19 April 2011.
Pada 30 Juni 2011, dorongan investor agar perusahaan ini menghapus struktur CEO gandanya dibatalkan setelah berhasil mencapai kesepakatan dengan RIM. RIM mengumumkan bahwa setelah menjalani diskusi, Northwest & Ethical Investments akan menarik proposal pemegang sahamnya sebelum rapat tahunan RIM
Pada tanggal 10 Oktober 2011, RIM mengalami salah satu gangguan layanan terburuk sepanjang sejarahnya. Sepuluh juta pengguna BlackBerry di Eropa, Timur Tengah, Afrika, dan Amerika Utara tidak dapat menerima atau mengirim surel dan pesan BBM melalui telepon genggam mereka Gangguan ini diakibatkan oleh matinya saklar inti.] Layanan ini kembali pulih pada 13 Oktober dan RIM meluncurkan paket aplikasi premium gratis senilai $100.
Tanggal 22 Januari 2012, RIM menyatakan bahwa CEO-nya, Jim Balsillie dan Mike Lazaridis, telah mengundurkan diri. Mereka digantikan oleh Thorsten Heins.
Pada 29 Maret 2012, RIM melakukan tinjauan strategis  terhadap strategi bisnis masa depannya. Sebagai bagian dari perombakan manajemen, mantan CEO Jim Balsillie mengundurkan diri dari dewan RIM seiring keluarnya David Yach, CTO untuk divisi perangkatl unak, dan Jim Rowan, COO untuk operasi global.
Setelah empat tahun berselisih dengan pemerintah India, RIM setuju memberikan kunci enkripsi untuk layanan surel perusahaan dan sistem kirim pesannya yang populer. Perusahaan ini menciptakan solusi yang mampu menyadap pesan dan surel antara perangkat-perangkat BlackBerry dan memberikan akses komunikasi terenkripsi ini ke badan keamanan India
Tahun
Penjualan ($ juta)
Laba Operasi ($ juta)
Laba Bersih ($ juta)
2002[23]
 294
  (58)
  (28)
2003[23]
307
(64)
(149)
2004[23]
595
78
52
2005[23]
1.350
386
206
2006[23]
2.066
617
375
2007[23]
3.037
807
632
2008[23]
6.009
1.731
1.294
2009[23]
11.065
2.722
1.893
2010[23]
14.953
3.507
2.457
2011[23]
19.907
4.739
3.444

Tidak ada komentar:

Posting Komentar